0 5

Apple sebagai perusahaan yang memproduksi Ipad dan Iphone yang telah memiliki banyak pengguna tentu akan menjadi mitra kerja yang menguntungkan. Baru-baru ini Sony telah meminta Apple untuk bekerjasama dengan menawarkan aplikasinya yang berupa Sony Reader untuk iOS untuk dipasarkan melalui Apple App store. Namun kerjasama tersebut urung terjadi hal itu dikarenakan pihak Apple menolak memasarkan konten berbayar yang tidak melalui Apple sendiri.

 

Hal tersebut tentu memberikan implikasi pada Amazon Kindle. Sebagai pemilik aplikasi reader  yang ternama, Amazon melalui Amazon Kindle telah bekerjasama dengan Apple melalui app store. Amazon Kindle sangatlah populer dan mengalahkan iBook milik Apple dengan konten dan kemudahan yang membuat banyak pengguna lebih memilih Amazon Kindle. Namun Apple sepertinya tidak akan membiarkan hal tersebut begitu saja. Melalui App store mereka mengambil 30 % keuntungan untuk mematikan margin dari Amazon. Amazon sendiri sudah berusaha menambahkan link sehingga konsumen dapat langsung bertransaksi secara langsung dengan mereka.

Tentu saja tidak ada yang mau rugi, begitu juga dengan Apple. Hal ini mengingatkan kita pada tahun 2009 dimana Google Voice juga ditolak, setelah sebelumnya sempat diterima.

Advertisements