Saat ini hardware seperti drive CD, DVD ataupun Blu-ray mungkin dianggap tidak begitu penting. Tak jarangan sebuah komputer baru tak menyertiakan mereka dalam spesifikasinya. Namun bukan berarti para perusahaan elektronik berhenti mengembangkan sarana penyimpanan seperti ini.

archival-disc

Sony bersama Panasonic pun baru saja mengumumkan platform penyimpanan baru yang mereka sebut sebagai Archival Disc. Archival Disc tersebut pun mereka desain untuk bisa menyimpan data yang berukuran ekstra besar. Dua sisi Archival Disc mampu menyimpan data dari 300GB hingga 1TB.

Pihak Sony dan Panasonic pun berencana untuk mulai memasarkannya pada tahun depan. Sebagai langkah awal, mereka akan memasarkan Archival Disc berkapasitas 300GB. Selanjutnya, secara berkala mereka akan menyediakan Archival Disc dengan kapasitas yang lebih besar, 500GB hingga yang tertinggi adalah 1TB.

Keberadaan Archival Disc ini pun menjadi peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan Blu-ray. Saat ini Blu-ray dual layer hanya mampu menyimpan data sebanyak 50GB. Sementara dual layer DVD hanya mampu menyimpan data sebesar 8.5GB.

sumber :http://www.beritateknologi.com/sony-dan-panasonic-resmi-umumkan-standar-archival-disc-yang-mampu-menyimpan-data-hingga-1tb/

Advertisements